Rabu, 20 Agustus 2014

Pulau Sempu (Sempu Island)

Pernah mendengar tentang Pulau Sempu? Pulau yang letaknya tak jauh dari Pantai Sendang Biru, dengan wilayah seluas 877ha ini merupakan cagar alam yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar budaya sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Letaknya sendiri kurang lebih 80km dari kota Malang (tepatnya di desa Tambak Rejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan) atau apabila kita berangkat dari kota Surabaya jarak yang ditempuh sekitar 180km. 
Penampakan Pulau Sempu
Wisatawan dapat menyatu dengan alam
Transpotasi yang digunakan untuk menuju ke Pulau Sempu sebaiknya dengan mobil atau menggunakan jasa biro perjalanan. Apabila anda berangkat dari kota Surabaya menuju Malang membutuhkan 2-3 jam perjalanan (tergantung kondisi lalulintas). Dari pusat Kota Malang sendiri, masih dibutuhkan  2-3 jam lagi sebelum Anda tiba di Pantai Sendang Biru (lokasi keberangkatan terdekat menuju Pulau Sempu).
Ada dua alternatif jalur yang dapat Anda ambil dari Malang ke Sendang Biru. Pertama adalah mengambil jalur antar kota Malang-Bululawang-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sendang Biru-Pulau Sempu. Kedua adalah Malang-Kepanjen-Gondanglegi-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sendang Biru-Pulau Sempu. Kondisi jalan dari Malang ke Turen dalam kondisi relatif baik dengan banyak tanda-tanda penunjuk arah yang mengarah ke Sendang Biru. Dari Turen ke Sendang Biru jalanan relatif lebih sempit dan sedikit turun naik, beberapa jalan tidak dalam kondisi sempurna, terutama jalan yang mendekati daerah pantai.Dari Pantai Sendang Biru, Anda perlu menyewa perahu yang akan membawa ke Pulau Sempu. Lebih baik lagi apabila Anda menghubungi Pos Cagar Alam Pulau Sempu di Sendang Biru untuk mendapatkan panduan ke Pulau Sempu. Tarif sewa perahu sekira Rp100.000,- dengan daya tampung hingga 10 orang (pastikan Anda menentukan jadwal penjemputan atau mintalah nomor ponsel tukang perahu untuk menjemput pulang). 

Untuk informasi lebih lanjut tentang Cagar Alam Pulau Sempu silahkan klik disini

0 komentar:

Posting Komentar