Sabtu, 23 Agustus 2014

Danau Labuan Cermin


    Sangatlah beruntung kita menjadi warga negara Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena Indonesia memiliki beraneka ragam keindahan alam hampir disetiap wilayahnya. Danau Labuan Cermin merupakan salah satu buktinya. Labuan cermin terletak di desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur. Danau ini berada di bawah naungan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin (Lekmalamin). Sesuai dengan namanya, danau dengan kedalaman + 3 meter ini memiliki air yang sangat jernih ibarat cermin, sehingga kita dapat melihat dasar danau dengan jelas.

    Jika anda hobi menyelam sebaiknya membawa perlengkapan sendiri, karena disana belum ada jasa persewaan perlengkapan menyelam. Sedangkan untuk anda yang hanya ingin berenang, disekitar danau disewakan ban dalam oleh masyarakat sekitar sebagai pelampung.

Keunikan lain dari danau ini adalah memiliki dua rasa air, yaitu asin dan tawar. Ketika menyelam agak dalam, maka anda akan menemukan batas antara rasa asin dan tawar air danau. Hal ini pula yang menjadikan Danau Labuan Cermin kaya akan biota laut.
Selamat datang di danau Labuan Cemin



    Untuk menuju ke Danau Labuan Cermin anda dapat menggunakan mobil sewaan dari bandara Tanjung Redeb, Berau. Jarak yang harus ditempuh menuju lokasi adalah + 257km, memakan waktu sekitar 6-7 jam. untuk menyewa mobil anda harus menyiapkan uang kurang lebih Rp 650.00,-. Rp 150.000,- untuk menyewa mobil dan sisanya untuk membayar jasa sopir yang siap mengantarkan sampai tempat tujuan hingga kembali pulang.

    Suasana hening dan asri serta penduduk yang ramah membuat siapa pun yang datang merasa nyaman. Bagi yang membutuhkan penginapan untuk melepas lelah sebelum menikmati objek wisata, deretan homestayberdiri di sepanjang jalan dengan tarif yang relatif murah. Penginapan Mayangsari, misalnya, untuk sewa satu kamar dengan fasilitas kamar mandi dalam AC + kipas angin dan TV dibanderol Rp 185.000, termasuk sarapan.

    Memang perlu perjuangan yang cukup memakan biaya dan tenaga untuk mencapai lokasi. Namun semua akan terbayarkan setelah kita menikmati keindahan suasana dan jernihnya air dari danau Labuan Cermin.

Dikutip dari:

0 komentar:

Posting Komentar